PERSIAPKAN DIRI ANDA DAN ANAK ANDA SEBELUM MENJALANI OPERASI JANTUNG by = Albert Lopolisa

PERSIAPKAN DIRI ANDA DAN ANAK ANDA SEBELUM MENJALANI OPERASI JANTUNG

Jakarta, 30 April 2020

 PERSIAPKAN DIRI ANDA DAN ANAK ANDA SEBELUM MENJALANI OPERASI JANTUNG

dibuat oleh = dr. Albert Lopolisa

persiapan untuk pembedahan jantung anak merupakan sebuah hal yang perlu diketahui oleh seluruh orang tua. Dengan persiapan matang maka alur penjadwalan serta administrasi akan menjadi lebih lancar. Aspek yang penting untuk dijaga dari tiap pasien adalah:

  • Nutrisi yang cukup. Operasi jantung merupakan sebuah tindakan yang besar, dan tubuh dari anak harus dipersiapkan. Pasien harus mengkonsumsi makanan bergizi sesuai dengan kebutuhan badannya. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, maka daya tahan imun terhadap infeksi akan lebih baik.1
  • Buat suasana nyaman di rumah sakit. Apabila berkunjung ke rumah sakit, orang tua wajib membiasakan pasien dalam lingkungan rumah sakit dan berusaha untuk menenangkan pasien apabila dia merasa gelisah. Hal ini dapat menurunkan rasa tidak nyaman pasien sebelum operasi. Beberapa teknik yang dapat dilakukan agar pasien dapat beradaptasi dengan rumah sakit yakni:2,3
    • Komunikasi dengan anak. Mengenai tindakan yang akan dilakukan adalah untuk kebaikannya. Pasien akan di bius sementara dan setelah pulih akan merasakan nyeri di dada, terkadang mempunyai selang di mulut pasien yang tidak boleh dilepas.
    • Menenangkan anak ketika tegang di rumah sakit, tanyakan mengenai kekhawatiran dari sang anak
    • Distraksi dengan memutar video/lagu, atau mainan yang disukai
    • Bermain dengan pasien lainnya

Selain hal di atas, persiapkanlah poin-poin di bawah ini yakni:

  1. Administrasi pasien

Pendaftaran pasien di Rumah Sakit Pusat Jantung Harapan Kita membutuhkan beberapa berkas yang harus dipersiapkan. Berkas yang harus dipersiapkan berbeda sesuai dengan alur pembiayaan.

  1. Pembiayaan umum, maka Anda cukup membawa fotokopi KTP pasien (atau KTP orang tua apabila belum memiliki), serta mengisi formulir identitas pasien
  2. Pembiayaan BPJS, maka Anda harus membawa surat rujukan dari faskes tingkat pertama dan kedua, kartu BPJS asli serta fotokopi 2 lembar, fotokopi KTP pasien (atau KTP orang tua), serta mengisi formulir identitas pasien
  3. Pembiayaan asuransi, sesuai dengan kebijakan dari asuransi terkait.

 

  1. Konsultasi menyeluruh

Tidak semua pasien yang datang untuk dioperasi memiliki kondisi fisik yang baik. Terkadang ada beberapa halangan dalam fisik yang menyebabkan operasi di tunda, atau dijadwalkan sesuai dengan waktu terbaik untuk mengoperasi pasien. Anda dapat datang ke poliklinik Jantung Anak (senin-jumat 09:00-15:30) dan kemudian akan di rujuk ke poliklinik Bedah Jantung Anak (senin-jumat pukul 09:00-12:00). Di poli bedah jantung anak anda akan diminta untuk melengkapi pemeriksaan fisik secara menyeluruh yakni:

  1. Pemeriksaan jantung sesuai dengan kebutuhan operasi, seperti ekokardiografi, CT scan, foto rontgen dada, kateterisasi jantung, elektrokardiografi/EKG.
  2. Pemeriksaan laboratorium, maksimal 2 minggu sebelum operasi dilakukan (apabila hasil laboratorium sudah terlalu lama maka akan diulang kembali). Sehubungan dengan pandemic covid ini, pemeriksaan laboratorium dan rontgen diminta 1-2 hari terakhir untuk menyingkirkan kemungkinan pasien sakit covid agar tidak menularkan ke pasien lainnya di ruangan, lalu anak beserta orang rumah sekitarnya harus bebas dari demam, batuk, pilek, dan terhindar dari kontak jarak dekat dengan banyak orang yang bukan satu alamat untuk menghindari penyebaran covid.
  3. Pemeriksaan Gigi di poliklinik gigi, maksimal 1 bulan sebelum operasi dilakukan
  4. Pemeriksaan THT di poliklinik THT, maksimal 1 bulan sebelum operasi dilakukan. Khusus karena pandemi covid, pasien akan dilakukan pemeriksaan THT ulang di ruangan oleh Spesialis Anak untuk evaluasi kemungkinan infeksi THT yang bisa mengarah ke arah covid.

Dengan adanya konsultasi secara menyeluruh, tim bedah akan dapat mengantisipasi kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi sehingga mengurangi angka kejadian yang tidak diharapkan paska bedah. Beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan adalah:

  1. Lapor obat-obatan yang sedang diminum. Obat-obatan seperti aspirin, warfarin harus dihentikan beberapa hari sebelum operasi karena dapat menyebabkan perdarahan. Obat-obatan lainnya seperti obat irama jantung, antibiotik, obat anti imun, obat hormonal, obat steroid, harus dikonsultasikan terlebih dahulu
  2. Bagi pasien perempuan yang sudah mengalami pubertas, diharapkan melaporkan waktu menstrusi ketika penjadwalan operasi telah ditentukan, sehingga waktu menstruasi tidak bersamaan dengan waktu operasi.
  3. Bagi pasien yang memiliki alergi obat-obatan wajib memberitahukan nama obat/ciri obat tersebut. Umumnya obat-obatan yang menyebabkan alergi adalah antibiotik.
  1. Penjadwalan operasi

Penjadwalan operasi merupakan hal yang menjadi momok bagi seluruh pasien. Di satu sisi kita mengharapkan operasi dilakukan sesegera mungkin, namun apabila tidak memungkinkan maka orang tua harus menunggu. Sangat disarankan orang tua tinggal di daerah sekitar RS Pusat Jantung Harapan Kita, dan meninggalkan nomor telepon yang selalu aktif, sebaiknya dua nomor (contoh ayah dan ibu) agar mudah dihubungi.

 

Setelah seluruh berkas dan konsultasi telah lengkap, maka tim penjadwalan akan menghubungi orang tua guna menentukan hari operasi. Laporkanlah kembali keadaan pasien yakni keadaan fisiknya (apakah terdapat demam, batuk pilek, diare, menstruasi, mual muntah, dsb). Serta menunda mengkonsumsi obat-obatan yang telah diberitau sebelumnya.

 

  1. Satu hari sebelum operasi

Anda akan diminta untuk mendaftarkan diri untuk rawat inap, dan akan diperiksa oleh tim dokter yang akan melakukan operasi besoknya. Beberapa persetujuan akan ditandatangani meliputi:

  1. Persetujuan pembedahan, meliputi alasan dioperasi, tindakan yang akan dilakukan, komplikasi yang dapat timbul, alternatif pembedahan, gambaran ke depannya setelah operasi
  2. Persetujuan bius, yang akan dijelaskan oleh dokter Anestesi
  3. Persetujuan transfusi darah apabila diperlukan
  4. Pembiayaan, melalui bpjs atau umur
  5. Formulir edukasi

Pasien akan diminta untuk berpuasa sehari sebelum operasi, dan dalam waktu yang sudah ditentukan, umumnya adalah malam hari. Persiapan lainnya adalah pemberian pencahar, membersihkan tubuh pasien sebelum hari operasi.

Pada hari operasi, orang tua akan diminta untuk mengantarkan pasien hingga ruang tunggu sebelum kamar operasi. Persiapkan hati dan berdoa agar operasi berjalan dengan lancar, dan pemulihan dapat berjalan dengan baik. Orang tua dapat menunggu di lantai dasar dan akan dihubungi via telepon / via informasi dari tim security. Demikianlah proses persiapan pembedahan yang dapat disampaikan.

Referensi

  1. Marwali EM, Darmaputri S, Somasetia DH, Sastroasmoro S, Haas NA, Portman MA. Does malnutrition influence outcome in children undergoing congenital heart surgery in a developing country?. PI [Internet]. 30Apr.2015 [cited 30Apr.2020];55(2):109-6. Available from: https://paediatricaindonesiana.org/index.php/paediatrica-indonesiana/article/view/95
  2. LeRoy S, Elixson EM, O’Brien P, Tong E, Turpin S, Uzark K, et al. Recommendations for preparing children and adolescents for invasive cardiac procedures: a statement from the American Heart Association Pediatric Nursing Subcommittee of the Council on Cardiovascular Nursing in collaboration with the Council on Cardiovascular Diseases of the Young. Circulation. 2003;108(20):2550-64.
  3. Kane LC. Preparing Your Child for Heart Surgery. [internet]. Diakses 30 April 2020. URL https://ctsurgerypatients.org/preparing-your-child-for-heart-surgery
  4. Good Food Display. Diakses 30 April 2020. URL https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Good_Food_Display_-_NCI_Visuals_Online.jpg
  5. White and Blue Capsules, cure, drug, health, healthcare, medication. Diakses 30 April 2020. URL https://www.wallpaperflare.com/white-and-blue-capsules-cure-drug-health-healthcare-medication-wallpaper-azyht
Bimo Kusumo

Bimo Kusumo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top