Penyakit Jantung Bocor pada Anak

Apakah anda pernah mendengar mengenai jantung bocor?

Jantung bocor adalah kelainan jantung bawaan yang paling sering terjadi. Kelainan ini terjadi satu di antara seratus kelahiran. Kebocoran yang terjadi bisa di sekat jantung yang memisahkan bilik jantung kanan dan kiri atau sekat yang memisahkan serambi kanan dan kiri.

Berbahayakah penyakit jantung bocor pada anak?

Penyakit ini mengakibatkan bercampurnya darah kotor dengan darah bersih. Lama-kelamaan beban jantung akan meningkat sehingga mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kebocoran pada jantung mengakibatkan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan anak terganggu.

Bagaimana mengetahui jantung bocor pada anak?

Kebocoran jantung pada anak dapat dikenali dengan mendengarkan suara jantung. Dokter dapat mendengar bunyi jantung yang tidak normal seperti bising jantung atau bunyi jantung tambahan. Ada beberapa gejala yang harus diketahui orang tua yang kemungkinan menjadi tanda jantung bocor:

  • Anak sulit bernapas
  • Anak sering batuk
  • Bibir, lidah, dan kuku berwarna kebiruan
  • Cepat lelah saat sedang menyusu
  • Susah makan atau nafsu makan berkurang
  • Berat badan sulit bertambah

Bagaimana penanganan jantung bocor pada anak?

Ada beberapa penanganan jantung bocor pada anak. Yang pertama adalah dengan menggunakan obat. Jantung bocor yang terdeteksi pada bayi dapat diberikan obat dan dievaluasi ulang untuk melihat apakah kebocorannya mengecil atau menutup sendiri. Jika tidak bisa menutup, maka perlu dilakukan tindakan untuk menutup kebocoran jantungnya. Jika kebocoran jantungnya tidak terlalu besar dan lokasinya mudah dijangkau, saat ini sudah dapat dilakukan penutupan kebocoran jantung lewat kateter tanpa operasi jantung terbuka. Kateter dimasukan melalui pembuluh darah di paha, kemudian dari situ kateter diarahkan ke jantung dan kebocorannya ditutup dengan alat. Kebocoran jantung yang besar dan lokasi yang sulit tidak dapat ditutup dengan kateter sehingga memerluka tindakan operasi jantung.

Seperti apa operasi untuk jantung bocor?

Operasi jantung bocor adalah operasi jantung terbuka untuk menutup kebocoran pada sekat jantung. Bagian jantung yang bocor akan ditutup dengan menggunakan selaput jantung sendiri atau dengan menggunakan suatu patch. Operasi ini sudah banyak dilakukan di Indonesia dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis Bedah Toraks, Kardiak & Vaskular (BTKV). Apabila anak anda atau kerabat anda ada yang mengalami jantung bocor, tidak perlu panik dan silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis BTKV terdekat.

Sumber

  1. https://www.heart.org/en/health-topics/congenital-heart-defects/about-congenital-heart-defects/atrial-septal-defect-asd
Adityo Budiarso

Adityo Budiarso

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top